Selasa, 12 April 2016

MANAJEMEN LAYANAN SISTEM INFORMASI



Manajemen Layanan SI atau manajemen layanan dukungan IT service management or IT service support management( ITSM atau ITSSM) mengacu pada pelaksanaan dan pengelolaan kualitas layanan SI yang memenuhi kebutuhan bisnis. Tidak ada satu penulis, organisasi, atau vendor yang dapat mengartikan  istilah “manajemen layanan SI” dan asal-usul kalimat ini tidak jelas. metodologi-services-research4ITSM adalah proses-terfokus dan dalam pengertian ini memiliki hubungan dan kepentingan bersama dengan gerakan perbaikan proses (misalnya, TQM, Six Sigma, manajemen bisnis proses, CMMI) kerangka kerja dan metodologi dalam sebuah organisasi. Disiplin tidak memperhatikan tentang bagaimana menggunakan produk vendor tertentu, atau rincian teknis dari sistem di bawah manajemen. Sebaliknya, ITSM berfokus pada pemberian kerangka kerja untuk struktur TI yang terkait kegiatan dan interaksi tenaga teknis TI dengan penggunanya. Dalam hal ini, ITSM dapat dianggap atau dianalogikan sebagai perencanaan sumber daya perusahaan/Enterprise Resource Planning(ERP) untuk IT – meskipun akar sejarah dalam operasi TI membatasi penerapannya di seluruh kegiatan besar TI lainnya, seperti IT manajemen portofolio dan rekayasa perangkat lunak.

PROSES MANAJEMEN
Perencanaan, membuat susunan rencana dengan adanya tujuan dan identifikasi metode yang sudah ditetap kan untuk mencapai tujuan.
Pengendalian, setelah itu rencana tersebut harus diimplementasikan dan di manage serta harus menjalankan dan terus mengamati pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya.
Pengambilan Keputusan, Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.

LAYANAN
Layanan manajemen SI dilakukan oleh penyedia layanan SI melalui kombinasi yang tepat dari teknologi, manusia, proses dan informasi.Penyedia layanan SI tidak bisa lagi hanya berfokus pada teknologi dan organisasi internal mereka. Mereka sekarang harus mempertimbangkan kualitas layanan yang mereka berikan dan fokus pada hubungan dengan pelanggan.

SISTEM INFORMASI DALAM KEBUTUHAN PELAYANAN
Suatu sistem didalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi yang bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan pihak luar tertentu dengan laporan yang di perlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar