ASL kepanjangan
dari Application Service Library. Kumpulan dari pedoman praktek terbaik tentang
pengelolaan pengembangan dan pemeliharaan aplikasi.
ASL adalah
sebuah framework untuk proses manajemen aplikasi. ASL adalah domain publik
standar untuk manajemen aplikasi. ASL adalah standar yang independen, terpisah
dari IT Infrastructure Library (ITIL), tetapi terkait dengannya dalam
pengertian kepatuhan terhadap standar-standar untuk mengelola proses dan
memberikan keterkaitan yang erat, kepatuahan dari kumpulan publik domain dari
suatu pedoman.
ASL lebih
dari sekadar framework. Karena didukung oleh praktek-praktek terbaik yang
diambil dari sejumlah organisasi. Konsep ASL akan dikembangkan oleh yayasan dan
para pendukungnya secara berkelanjutan.
Meliputi Empat Pesan Utama yaitu :
A. Manajemen
aplikasi, pemeliharaan dan peningkatan Sistem Informasi, menjadi semakin
penting.
B. Tuntutan
pasar bahwa agar supaya manajemen aplikasi menjadi lebih profesional dan lebih
maju, hal ini merupakan sebagian dari akibat perkembangan manajemen
infrastruktur.
C. Tidak ada
standarisasi proses manajemen, praktik terbaik berbeda antara satu organisasi
dan organisasi lainnya.
D. Saat ini sudah
ada framework umum untuk manajemen aplikasi yaitu Application Services Library.
Framework
Framework
ASL terdiri dari enam proses cluster, dibagi menjadi tiga tingkat yaitu proses operational,
managing and strategic levels (gambar 4.1). Memilki sudut pandang jangka pendek
dan menengah, sedangkan sudut pandang proses untuk beberapa tahun ke
depan. strategis menghadap ke arah horizontal
Dukungan aplikasi klaster pada tingkat operasional bertujuan
untuk memastikan bahwa aplikasi saat ini digunakan dengan cara yang paling
efektif untuk mendukung proses bisnis, menggunakan minimal sumber daya dan
mengarah ke minimal gangguan operasional.
Proses manajemen memastikan bahwa cluster operasional
dikelola secara terpadu. Pemeliharaan aplikasi dan pembaharuan klaster
memastikan bahwa aplikasi yang dimodifikasi sesuai dengan perubahan kebutuhan,
biasanya sebagai akibat dari perubahan dalam proses bisnis, menjaga aplikasi
up-to-date. Proses
menghubungkan membentuk jembatan antara organisasi layanan cluster dan pengembangan dan pemeliharaan cluster.
Ada dua kelompok pada tingkat strategis. Tujuan
dari cluster strategi aplikasi adalah untuk mengatasi strategi jangka panjang
untuk aplikasi. Proses
yang diperlukan untuk strategi jangkapanjang untuk organisasi manajemen
aplikasi dijelaskan dalam strategi organisasi manajemen aplikasi kerangka
cluster.
sumber:
http://www.vanharen.net/blog/it-management/
sumber:
http://www.vanharen.net/blog/it-management/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar